Selasa, 02 Maret 2010

Recall Toyota Bisa Bebaskan Pemilik Camry Yang Dipenjara

Detroit - Recall besar-besaran yang dilakukan Toyota tidak hanya berpengaruh ke masalah finansial saja, namun juga bisa membebaskan orang yang dipenjara.

Apa sebabnya? Koua Fong Lee, pengendara Toyota Camry asal Laos yang tinggal di Amerika dijatuhi hukuman 8 tahun penjara, karena dituduh telah membunuh 3 orang dalam kecelakaan yang melibatkan mobil Toyota Camry miliknya.

Insiden tragis itu sendiri berlangsung bulan Juni tahun 2006 di Minnesota Amerika, ketika Lee mengendarai Toyota Camry tahun 1996, dan karena alasan tertentu menurut versi Lee mobil yang dikendarainya tiba-tiba mempercepat sendiri, dan berakhir dengan menabrak mobil lain.

Sebagai akibat dari kecelakaan, tiga orang tewas, Javis Trice Adams (33 tahun), putranya Javis, Jr (10 tahun), dan keponakannya Devyn Bolten (6 tahun).

Koua Fong Lee mengklaim, bahwa pedal gas mobilnya bermasalah pada hari itu
ketika Camry 1996 miliknya melesat sendiri sampai pada kecepatan lebih dari 112 km per jam. Namun, juri waktu itu tidak percaya cerita Lee, dan menghukumnya 8 tahun penjara.

"Ada kesalahan yang mengerikan di sini, dan ada orang yang tidak bersalah di penjara," ujar pengacara Lee, Brent Schafer, kepada ABC News, Selasa (2/3/2010)

Dan akhir-akhir ini, ketika berita tentang recall Toyota mencuat, Lee pun berniat untuk melakukan peninjauan kembali terhadap kasusnya.

Pengacara Lee akan mendorong untuk melakukan inspeksi pada Camry tahun 1996, yang diproduksi jauh sebelum model recall yang diumumkan oleh Toyota, untuk melihat apakah masalah mekanis adalah faktor penyebabnya.

Hasilnya, Lee bisa saja dibebaskan dari masa hukumannya, dan berbalik melakukan penuntutan pidana terhadap Toyota yang sebenarnya bertanggung jawab atas hilangnya 3 nyawa saat insiden kecelakaan tersebut terjadi.

"Aku yakin 100 persen bahwa aku mengangkat kaki dari pedal gas dan bahwa aku menginjak rem sekeras mungkin," bela Lee.

Dan ketika sudah diselidiki pasca kecelakaan, mekanik menemukan rem berada di urutan kerja yang benar dan ketika Lee diberitahu bahwa tidak ada yang salah dengan rem, ia pun kaget dan bersyukur adanya recall Toyota.

Namun klaim Lee ini bisa saja tidak terbukti mengingat mobil-mobil Camry yang diakui Toyota memiliki pedal gas bermasalah adalah mobil keluaran terbaru yakni mobil keluaran 2007-2010.


1 komentar:

Unknown on 31 Maret 2014 pukul 22.17 mengatakan...

Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga

kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
keep update!Harga Toyota Fortuner 2014

Posting Komentar

 

Friends

Followers

Fave This

Seputar Otomotif Copyright © 2009 Not Magazine 4 Column is Designed by Ipietoon Sponsored by Dezigntuts