Kamis, 21 Januari 2010

Awas Karat!


Body mobil yang tidak dirawat dengan baik pastinya akan menimbulkan karat dimana-mana. Walaupun karat tidak dapat dibasmi. Tapi toh, Kita dapat mencegahnya bukan. Karat dapat terjadi karena unsur besi bersentuhan dengan air yang mengandung asam. Jika terlalu lama air bersentuhan dengan besi maka akan bereaksi menimbulkan karat. Hal seperti ini biasanya terjadi dalam kehidupan sehari-hari, seperti ketika anda menyuci mobil, atau anda melewati genangan air, atau terkena hujan. Sekarang saatnya membahas bagaimanakah cara mencegah karat? -Perhatikan cat anda!
Lihatlah apakah cat mobil anda terkelupas. Karena terbukanya besi dalam body mobil dapat menimbulkan karat.

-Rajin merawat mobil.
Pastikan anda tidak membiarkan mobil anda dalam keadaan kotor. Segeralah cuci jika kotor, dan bawalah mobil anda ke cucian mobil untuk membersihkan kolong.

-Perhatikan karet-karet pintu.
Jika karet pintu anda sudah getas. Segeralah ganti. Sebelum terjadi kebocoran. Kebocoran dapat menyebabkan karat didaerah engsel pintu mobil anda.

-Semprotkan undercoat di bagian yang kolong ban mobil.
Dipasaran sudah mulai bermunculan lapisan pencegah karat, yang berbentuk cairan. Semprotkan cairan tersebut dikolong mobil anda. Cairan tersebut akan berubah menjadi karet yang akan melindungi body mobil anda, sekaligus meredam suara.
-Lapisi sasis mobil dengan anti karat.
Gunakan lapisan tersebut untuk melindungi bagian terpenting mobil anda. Salah satu merek yang sudah sangat terkenal adalah Tuff Kot Dinol dan Ziebart

-Pasang aksesoris pencegah karat
. Tambahkan aksesoris pencegah karat seperti Kepet Lumpur (Mud Flaps), alat seperti ini akan mencegah masuknya air ke dalam celah body mobil. Pastikan didalam interior mobil anda terdapat karpet yang terbuat dari karet. Karena karet tidak dapat menyerap air seperti kain pada umumnya. Hal ini tentunya akan memudahkan anda untuk membersihkannya. -Jauhi air asin.
Air yang mengandung garam akan lebih cepat mengkarati bagian mobil anda. Bahkan tidak perlu dalam hitungan hari. - Langsung bertindak.
Jika anda telah menginjak genangan air, atau terguyur hujan. Segeralah mengeringkan bagian-bagian fatal yang terkena air.
Jika mobil anda sudah terlanjur kena karat. Anda dapat membawanya kebengkel body untuk menanganinya. Tapi.... Jika hanya sedikit bagian mobil anda yang terkena karat. Ikuti Tips dari saya. -Segeralah menuju cat mobil anda yang terlihat menggelembung.

-Keroklah bagian tersebut, sampai daerah disekeliingnya yang belum terjangkit karat.

-Keringkan lubang itu.

-Dempul lubang tersebut.

-Ratakan dengan amplas.

-Lalu cat kembali bagian tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Friends

Followers

Fave This

Seputar Otomotif Copyright © 2009 Not Magazine 4 Column is Designed by Ipietoon Sponsored by Dezigntuts